Pantau data harian PUSPA



Program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang didukung oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dalam memperkuat respon COVID-19 di puskesmas. Program ini merekrut 500 tenaga kesehatan untuk memperkuat upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M, menyiapkan vaksinasi COVID-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial di 100 puskesmas di 12 kabupaten / kota di Jawa Barat.

Wilayah intervensi Program PUSPA meliputi wilayah dengan kasus COVID-19 tertinggi di Jawa Barat seperti Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat. Program PUSPA berjalan sejak Maret hingga September 2021.

Penguatan Puskesmas dalam Respons COVID-19 melalui Program PUSPA di Jawa Barat menekankan pentingnya transparansi data melalui pemantauan rutin dan real-time dari lapangan untuk mengetahui perkembangan program, pengambilan keputusan cepat, peningkatan akuntabilitas dan juga untuk pembelajaran.

CISDI sebagai mitra dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam implementasi program PUSPA mengembangkan dashboard pemantauan harian capaian utama program yang bisa diakses melalui tautan Klik di sini

Semua informasi di dashboard bersumber dari data yang dilaporkan oleh Tim PUSPA di Puskesmas intervensi secara real-time setiap hari pada pukul 17.00 WIB. Adanya perbedaan data atau informasi tertentu dengan publikasi lainnya sangat memungkinkan karena perbedaan waktu dalam pembaharuan data, perbedaan proses input data, dan cara penghitungan beberapa indikator. Data ini berkontribusi pada rekam pencapaian upaya respon COVID-19 di 12 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Data di dashboard ini merepresentasikan data dari 100 puskesmas intervensi Program PUSPA. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menampilkan indikator kinerja respon COVID-19 melalui Pikobar

Data yang ditampilkan dalam halaman ini adalah versi pilot. Data komprehensif perkembangan respon COVID-19 melalui Program PUSPA akan diluncurkan secara resmi pada hari Rabu, 26 Mei 2021.

PUSPA